HUT RI Ke – 73 Tingkat Kabupaten Rote Ndao Digelar di Alun-Alun Rujab Bupati

Rote Ndao, BERITA NTT.com – Upacara peringatan HUT ke- 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Rote Ndao jumat (17/8/18 ) berlangsung di alun-alun rumah jabatan Bupati Rote Ndao dimulai tepat pukul 08.02 wita.

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM.

Dalam sambutan tertulisnya Bupati mengajak seluruh masyarakat Rote Ndao untuk bersatu padu, bahu membahu bekerja bersama dengan penuh semangat , disiplin dan etos kerja yang tinggi, kerja cerdas, kerja keras , kerja tuntas , iklas dan profesional untuk memberikan yang terbaik bagi Rote Ndao yang lebih maju dan bermartabat.

Dikesempatan ini Bupati menyebutkan beberapa inovasi pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao salah satunya adalah Gerakan Lakamola Anan Sio yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

” Gerakan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Rote Ndao yang dapat dilihat dari indikator keberhasilan dimana terjadi peningkatan luas areal pertanian, penurunan presentase gagal tanam dan gagal panen komoditi padi tadah hujan, peningkatan produksi pertanian, peningkatan ketahanan pangan dan pencapaian surplus beras pada lima tahun terakhir,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati Lens Haning, gerakan Lakamola Anan Sio ditetapkan sebagai salah satu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.

” Ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN-RB No 25 Tahun 2018 dan itu harus kita syukuri bersama namun kita tidak boleh terlena sebab masih banyak tugas dan tanggungjawab kita bersama kedepan,” tambahnya.

Selain itu Bupati mengungkapkan beberapa pencapaian kinerja yakni pengelolaan keuangan meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian ( WDP ) tiga tahun berturut-turut yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan menjadi lebih baik lagi menuju Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ). Pencapaian lain yakni hasil evaluasi Provinsi NTT terhadap realisasi keuangan dan fisik belanja langsung APBD Kabupaten/Kota se- Provinsi NTT Tahun 2016 dan 2017 dimana Rote Ndao menempati peringkat satu dan pada tanggal 13 Maret 2018 lalu apresiasi diberikan oleh KPPN Kupang kepada Pemerintah Kabupaten Rote Ndao sebagai Kabupaten dengan” Kinerja Terbaik ” dalam pengelolaan DAK dan Dana Desa Tahun Anggaran 2017.

Bupati Lens Haning tak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan berkesinambungan dengan keberhasilan dan prestasi Kabupaten Rote Ndao dalam beberapa tahun terakhir dapat dibanggakan.

” Tak terasa hampir 10 tahun saya me jabat sebagai Bupati Rote Ndao dan beberapa bulan kedepan saya akan mengakhiri jabatan saya untuk itu dikesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah, para Asisten, Pimpinan OPD , Tokoh Agama, para Maneleo, Tokoh masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh pemuda, ASN dan segenap jajaran Kecamatan, Desa/Kelurahan, Dusun, RT dan RW serta seluruh komponen masyarakat, sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” lanjut mantan Kadis Pariwisata Provinsi NTT ini.

” Secara khusus saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Forkopimda yang telah menjalin komunikasi dan kemitraan yang harmonis dalam menjaga kondisi stabilitas politik dan keamanan di kabupaten Rote Ndao sehingga tercipta situasi yang kondusif, aman dan terkendali,”sambungnya.

Diakhir sambutannya Bupati Lens Haning mengucapkan selamat atas penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2019-2024 oleh KPUD tanggal 12 Agustus 2018 lalu.

” Selamat untuk ibu Paulina Haning-Bullu dan bapak Stefanus Saek semoga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat mampu diemban dengan baik,” tutupnya.

Usai Upacara dilanjutkan dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya oleh Bupati kepada 437 ASN dengan rincian Satya Lencana Karya Satya 10 tahun sebanyak 317 orang secara simbolis diterima oleh Daniel W. Nalle, pengabdian 20 tahun sebanyak 57 orang yang diwakili oleh Adri Florida Sui dan pengabdian 30 tahun sebanyak 65 orang diterima oleh Armis Saek, Upacara kali ini dimeriahkan penampilan Drum Band anak SD Inpres Mokdale.
Berikut nama-nama pelaku upacara:
1. Irup, Bupati Rote Ndao, U Haning, MM,
2. Perwira Upacara, AKP. Yunior Try Madya Duil ( Kabag Ops Polres Rote Ndao )
3.Komandan Upacara, Ipda.Yeni Setiono ( Kapolsek Rote Barat Daya )
4.Pembawa acara, Rachelea Kaseh
5. Pemegang baki Sang Merah Putih, Tasya M. Badjideh ( pelajar SMU N Lobalain)
6. Penggerek bendera, Fajar S. Yacob, Denil C. Ndaomanu dan Yohanis Penu.
7. Komandan pasukan pengibar bendera, Bripka. Jermias Mandala.
8. Pembina paskibra, Simson Nullek. (Advetorial)

share on: