Ipelmen Gelar MPAB, Himpun Mahasiswa Ende Di Kupang

Kupang, BERITA NTT.com – Ikatan pelajar mahasiswa kabupaten Ende (Ipelmen) Menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB), Rabu (14/2/2018) di desa Oematnunu kecamatan Kupang Barat. Sebanyak 48 peserta terjaring mengikuti kegiatan yang dikemas dalam latihan kepemimpinan dan pengembangan karakter.

Sekretaris panitia Wenslaus Jando Wowa menginformasikan bahwa kegiatan diselenggarakan selama empat hari hingga Sabtu (17/2/2018). Peserta yang mengikuti MPAB berasal dari beberapa kecamatan di Ende dan turut berpartisipasi juga peserta dari kabupaten Flores Timur dan Nagekeo Mereka dihimpun dari berbagai universitas di Kota Kupang. Aneka kegiatan di setting dalam bentuk diskusi, tanya jawab dan games yang memuat materi seperti sejarah Ipelmen, public speaking, motivasi berorganisai dan manajemen organisasi.

Selain materi teknis organisasi, MPAB Ipelmen juga menyiapkan materi yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan kecakapan hidup bermasyarakat antara lain, revolusi mental, kepemimpinan, pendidikan politik bagi kaum muda, who am i, dinamika kelompok, gender, manajemen konflik dan kewirausahaan. Polikarpus E. Kami selaku ketua tim pengarah menjelaskan, sebagai pemateri panitia mendatangkan alumni, tokoh pemuda, tokoh politik dan beberapa orang tua yang berasal dari Ende.

Dalam sambutannya, ketua umum Ipelmen Ferdinandus Naga berpendapat, setiap organisasi kepemudaan berkewajiban melakukan regenerasi dan kaderisasi. Tugas organisasi adalah menjaring, mengorganisir dan membentuk karakter generasi muda. Oleh karena itu, Ipelmen merasa terpanggil untuk membentuk kader Ende yang mandiri, berbasis pada kecakapan intelektualitas, spiritualitas dan semangat kekeluargaan.

Ia berharap semua peserta dapat berproses dengan baik, tidak hanya pada masa MPAB tetapi pada program pembinaan organisasi selanjutnya agar mampu terbentuk menjadi pemuda yang siap mengabdi bagi Nusa dan Bangsa. “Kaderisasi tidak boleh dipisahkan dengan sejarah. Para pendahulu sudah menyiapkan rumah besar ini dan menghadirkan kami di dalamnya. Hari ini kalian kami datangkan untuk menyatu dan belajar bersama. Di masa depan, organisasi ini akan berada di tangan kalian,” tutup mantan ketua BEM STIE Oemathonis Kupang tersebut (SJ/BNC)

share on: