Benahi Destinasi Wisata, Dispar NTT Gandeng Politeknik Negeri Kupang Lakukan Survey

Kupang – Berita NTT. Com- Melihat tingginya minat wisatawan baik wisatawan mancanegara (wisman), wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan lokal (wislok) yang mengunjungi berbagai Destinasi Wisata di Provinsi NTT, selama kurun waktu beberapa tahun terakhir. membuat Dinas Pariwisata Provinsi NTT harus bergerak cepat untuk mendongkrak Destinasi Wisata di NTT.

Salah satu upaya meningkatkan potensi-potensi Wisata yang ada di Provinsi NTT, Dinas Pariwisata Provinsi NTT menggandeng Politeknik Negeri Kupang untuk melakukan Survey guna mengetahui seberapa banyak responden dan data pengunjung serta daya tarik wisata di NTT.

Hasil survey tersebut dipaparkan dalam seminar yang dilaksanakan di dinas pariwisata provinsi NTT oleh peneliti dari politehknik negeri Kupang, Prof Dr. I Gusti B. Arjana, M.s. kamis (4/1) dengan thema analisis kencenderungan minat wisatawan berkunjung ke propinsi nusa Tenggara Timur.

Dalam pemaparannya prof. I Gusti B. Arjana mengatakan bahwa minat wisatawan berkunjung ke NTT cukup tinggi namun perlu ditunjang dengan promosi wisata melalui event pariwisata serta perlu kolaborasi yang baik dari semua sektor sehingga sektor pariwisata menjadi andalan di propinsi NTT.

Pada kesempatan itu kepala dinas pariwisata provinsi NTT, Marius A. Jelamu mengatakan dari survei yang di lakukan oleh para peneliti dari politehnik negeri Kupang tersebut menjadi bahan acuan dan merupakan input penting bagi pemerintah dalam pengambilan atau penyusunan kebijakan dari tingkat provinsi, kota dan Kabupaten.

Hasil survey juga memberikan input kepada pelaku – pelaku pariwisata agar dapat melihat apa yang perlu di perbaiki dan di tingkatkan di berbagai sektor. ‘

“untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke propinsi nusa Tenggara Timur maka perlu adanya pembenahan di destinasi wisata serta harus terus ditingkatkan hospitalitas, peningkatan kapasitas SDM, sarana prasarana, ” kata Marius Jelamu.

Lebih lanjut kepala dinas pariwisata mengatakan, dari hasil riset 92 persen minat wisatawan kembali berkunjung ke NTT oleh sebab itu peningkatan sdm di berbagai bidang senantiasa terus di tingkatkan antara lain, sdm driver, layanan kesehatan, layanan bandara, pelayanan hotel, sdm birokrasi pemerintah kota, propinsi serta melakukan terobosan yang kreatif, inovatif dan kompetitif untuk menciptakan keunggulan pariwisata NTT di tingkat nasional dan internasional .oleh sebab itu hal ini menjadi tanggung jawab dinas pariwisata sebagai unit pemerintah. (winda)

share on: