Setya Novanto Ajak Melki Laka Lena Belajar Pariwisata di Riau

Kupang, BERITA NTT.com – Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Setya Novanto ikut berpartisipasi dalam Festival bakar Tongkang di Bagan Siapiapi, pada kesempatan itu Setya Novanto juga mengajak Bakal Calon (Balon) Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena untuk ikut berpasrtisipasi sambil belajar pengelolaan Pariwisata di Kota Bagan siapiapi Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau Minggu (11/6/2017) sore.

Menurut adat istiadat warga Tionghoa Bagan siapiapi, festival bakar Tongkan ini sendiri menjelaskan, jika tiang yang dibakar jatuh ke arah mana maka arah tersebut akan membawa berkat atau peruntungan bagi warga Tionghoa di Bagan siapiapi.

Pada ivent bakar Tongkang tahun 2017 ini, tiruan tiang monitor Tongkang yang dibakar jatuh ke arah laut. Ini mengartikan bahwa, usaha dan mata pencaharian warga Tionghoa Bagan siapiapi akan semakin baik atau semakin banyak berkat tahun ini datangnya dari laut.

Melki Laka Lena ketika dikomfirmasi media ini melalui telepon selulernya terkait kehadirannya dalam festival bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir ini menjelaskan, festival bakar Tongkang sangat menarik perhatian wisatawan baik Wisatawan Domestik maupun Wisatawan Mancanegara kususnya Wisatwan Tionghoa

Lanjutnya, dalam Kunjungannya beberapa waktu lalu di Cina, ia sempat berdiskusi dengan Kedubes RI, dalam diskusi tersebut Dubes RI untuk cina mengatakan bahwa Indonesia masih kalah dengan Tailan dan Singapura untuk kunjungan Wisatawan RRC.  Sementara wisatawan mancanegara khususnya wisatawan asal Tiongkok jumlahnya sangat besar seturut berkembangnya ekonomi Republik Rakyat Cina

Untuk itu kesempatan ini harus dimanfaatkan secara baik oleh siapapun pemimpin di NTT untuk mengelola Pariwisata NTT secara baik sehingga dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk berkunjung di NTT.

Menurut Melki, tentu ada Budaya Tionghoa di NTT yang bisa menjadi media Promosi untuk menggaet Wisatawan Manca Negara, selain itu jenis Wisata lainnya seperti Wisata Budaya dan Wisata Alam juga harus dikelola secara baik sehingga dapat menarik wisatwan untuk datang ke NTT

Melki Menyadari Untuk mengelola Pariwisata di Sebuah daerah tidak hanya cukup dengan mengandalkan Pemerintah setempat, bagi Melki mengelola Pariwisata di suatu daerah membutuhkan peran serta semua pihak baik Pemerintah Daerah sampai kepusat, Pihak Swasta dan juga perlu adanya dukungan dari Diaspora yang sudah berhasil dai tempat perantauan untuk menyisihkan sedikit bagi Daerahnya.

“kita lihat di Rokan Hilir, mengapa Festifal Bakar Tongkang itu bisa terselenggara dengan baik dan meriah, itu karena mereka bekerja sama sangat baik, semua pihak seperti pihak sewasta Lokal, para Diaspora Tionghoa yang sudah berhasil di tempat perantauan juga dilibatkan oleh pemerintah untuk menykseskan kegiatan tersebut, dan mereka berhasil menyelenggarakan festiva tersebut dengan sangat meriah. (Hen).

share on: