Rote Ndao dapat BKN Award 2017

PEMERINTAH Kabupaten Rote Ndao melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mendapatkan mendapat apresiasi dari  Badan Kepegawaian Negara (BKN) menganugerahkan BKN Award tahun 2017 kepada Kabupaten  Rote Ndao. Pemerintah Daerah Rote Ndao  menyabet gelar pengelola kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota tipe C.

“Puji Tuhan. Penghargaan ini merupakan wujud nyata atas komitmen Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang profesional, berkinerja dan berkualitas tinggi,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM,Jumat (19/5/2017) kepada wartawan diruang kerjanya

Penghargaan BKN Award ini diserahkan langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana kepada Adi Tri Hananto dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2017, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 17 Mei 2017

Ia pun berharap semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemeritah Kabupaten Rote Ndao  untuk semakin meningkatkan kinerja, kreatifitas, serta memanfaatkan teknologi informasi khususnya dalam pelaksanaan pekerjaan maupun manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Rote Ndao, Hermanus Haning,S.Pt menjelaskan,proses penjurian menggunakan sembilan variabel yang ditetapkn BKN.

Variabel tersebut adalah perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan kenaikan pangkat,pelayanan pensiun,implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), pemanfaatan CAT BKN, penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja, dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian.

Dari 9 indikator tersebut, lanjut Herman telah melaksanakan seluruhnya. Namun yang paling menonjol adalah implementasi penilaian kinerja. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao  telah melaksanakan penilaian kompetensi dengan melakukan assesment bagi calon pejabat struktural dan memberikan pelayanan pembekalan bagi pegawai yang akan memasuki masa purna tugas.

Pada tahun ini BKN memberikan penghargaan kepada lima instansi terbaik yang dibagi ke dalam tujuh kelompok kategori, yaitu, Kementerian Besar (jumlah PNS >19.000), Kementerian Kecil (jumlah PNS <19.000), Lembaga non Kementerian,Pemerintah Provinsi.

Kemudian Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe A), Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe B) dan Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe C).

BKN Awards merupakan wujud semangat pengelola kepegawaian guna menyajikan layanan prima kepada masyarakat. Penghargaan BKN Award telah dilaksanakan untuk kali ketiga sejak tahun 2015.

Dikatakan Herman  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2017 dihadiri kurang lebih 1.600 aparatur sipil negara (ASN) dari berbagai daerah. Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2017 di Jakarta, Rabu 10 2017.

Dalam acara tersebut, BKN memberi apresiasi kepada sejumlah lembaga yang mampu mengelola kepegawaian dengan baik. Apresiasi tersebut dinamakan BKN award 2017. Ada 15 lembaga yang masuk dalam BKN Award 2017.

Adapun 15 lembaga tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu lima kementerian besar, lima kementerian kecil, dan lima non kementerian.

Untuk diketahui, kementerian besar adalah kementerian yang memiliki pegawai lebih dari 19 ribu. Sedangkan kementerian kecil, paling banyak 19 ribu.

Lima kementerian kecil pemenang BKN award 2017 adalah Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia, Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanaan, Kementerian Bidang Koordinator bidang Perekonomian, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Lima penerima BKN award 2017 non kementerian, yakni Badan Arsip Nasional, Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG), Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Search and Rescue, dan Polisi Republik Indonesia.

Selain Rote Ndao, ada 19 daerah lain yang mendapat apresiasi dari BKN sebagai pengelola kepegawaian terbaik.

Pemberian penghargaan tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu lima pemerintahan tingkat provinsi, lima tingkat kabupaten dan kota tipe A, B, dan C. Adapun lima provinsi yang mendapat BKN Award 2017,yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur. Lima kabupaten dan kota tipe A,yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banyuwangi, Kota Semarang, Kota Sorong,dan Kota Ternate.

Lima kabupaten dan kota tipe B, yaitu Kota Banda Aceh,Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Tobasa. Lima Kabupaten dan kota tipe C,yaitu Kota Blitar, Kota Kotamubagu, Kota Tarakan,Kota tebing tinggi,Kabupaten Rote Ndao. (advertorial  BNC dan Pemda Rote Ndao)

 

share on: