Melki Laka Lena: Kalender Pariwisata Lokal NTT Perlu ditetapkan

Alor, BERITA NTT.com –  Bakal Calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena menghimbau agar pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur segera menetapkan kalender pariwisata local yang ada di NTT dan dikemas secara baik sehingga bisa menjadi Komoditas unggulan dalam meningkatkan kesejateraan Masyarakat.

“Kalender pariwisata lokal yang ada di NTT perlu dipetakan, ditemakan dan dikemas dengan baik, sehingga menjadi komoditas unggul yang dapat menjadi daya tarik wisatawan,” kata Melkiades Laka Lena dalam dialog “Ayo Bangun NTT” di Hotel Kenari, Rabu, (10/5).

Menurut Melki, potensi pariwisata di kabupaten alor sangat luar biasa bahkan Taman lautnya  terbaik ke 2 di dunia yang perlu dipromosikan secara berkesinambungan melalui kegiatan pariwisata yang berkelanjutan.

“Promosi pariwisata di NTT perlu dilakukan secara sistematis dalam satu kesatuan wilayah melalui kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pelaku pariwisata dan media masa baik lokal maupun nasional,” Kata Politis Golkar.

Melki Menambahkan perlu dikembangkan daerah baik untuk potensi pertanian, perkebunan, pariwisata dan SDA lainnya butuh penguatan sumber daya manusia khususnya kaum muda yg berpikiran dan bertindak kreatif inovatif. Barang mentah hasil bumi Alor perlu dikembangkan menjadi barang jadi atau setengah jadi sebelum dilepas keluar Alor sehingga nilai tambah hasil bumi dirasakan oleh sebanyak mungkin rakyat Alor. Ujar Laka Lena

Selly Padama mantan Putri Pariwisata Alor dalam sesi dialog yang Ia peroleh mengatakan bahwa kurangnya respond masyarakat terlebih anak muda alor untuk melakukan hal atau kegiatan demi meningkatkan pariwisata di kabupaten Alor tanpa berharap kepada Pemda dan Swasta.

Nelly djobo Guru SMAN 1 Kalabahi dalam kesempatannya mengatakan, orang muda musti diberikan ruang  sebab selama ini ruang kreatif khusus di kabupaten Alor kurang bahkan tidak ada.sehingga  Ia  juga berharap orang muda harus memanfaatkan media social secara baik untuk mempromosikan wisata dan budaya kabupaten Alor. Kata Nelly

Aktivis GMNI Alor Imanuel Maudollu mengatakan membangun NTT tidak terlepas  membangun Alor  sehingga budaya perlu dan terus disosialisasi oleh YTMI kepada semua pemuda untuk tetap pertahankan budaya lokal daerah kita. Karena perkembangan yang semakin mengkikis nilai budaya sehingga ini menjadi tantangan bagi generasi muda kedepan.

Imanuel juga berharap Yayasan Tunas Muda Indonesia bisa mendirikan cabang yayasan di Alor agar setiap tahun bisa menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk nyata untuk membantu masyarakat. Ujar aktivis GMNI. (**/BNC)

 

share on: