Puluhan Pejabat  Teken Kontrak  Dengan Bupati  Rote Ndao

Rote Ndao – Untuk mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, , transparan efisien dan akuntabel serta berorientasi pada hasil  kinerja, Sebanyak  31 Pejabat Tinggi Pratama dan Administrasi  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao berjanji  melaksanakan kontrak kinerja di hadapan bupati Rote Ndao, Drs.Leonard Haning,MM setelah mereka diambil sumpah jabatan dan pelantikan  di ruang lobi lantai I Setda kabupaten Rote Ndao, jumat (31/03) pagi.

Jermia A.J Messakh,SE mewakili pejabat Tinggi Pratama dan Administrasi saat menbacakan kontrak kinerja tahun 2017 dihadapan bupati  Rote Ndao, berjanji mewujudkan target kinerja  tahunan sesuai dengan kotrak kinerja tahunan sebagaimana telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

Adapun evaluasi keberhasilan dan kegagalan pencapaian target  tersebut menjadi tanggungjawab  sebagai berikut melaksanakan program dan kegiatan sesuai dengan perencanaan anggaran  kas triwulan yang telah  diinput pada SIMDA keuangan Kabupaten Rote Ndao, apabila terjadi devisiasi terhadap capaian target triwulan siap menerima peringatan tertulis dan menyampaikan laporan fisik maupun keuangan setiap bulan, triwulan, semester dan tahunan tepat waktu.

Melaksanakan Rencana Umum Pengadaan (RUP), menyusun Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP), mempresentasikan perencanaan didepan bupati dan Muspida sebelum pelaksanaan kegiatan fisik konstruksi serta pengadaan barang dan jasa lainnya,  memotivasi dan mengembangkan kemampuan dan kemandirian dan peran aktif masyarakat  dalam pembangunan di desa, agar secara bertahap masyarakat dapat membangun diri dan lingkungannya secara mandiri menuju kemandirian masyarakat yang mandiri.

Menyelesaikan semua temuan hasil pemeriksaan BPK RI/APIP baik temuan administrasi maupun keuangan yang ada pada Organisasi Perangkat Desa(OPD)  masing-masing dan melaksanakan Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Laporan  Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelanggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ILPPD), Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan  Otonomi  Daerah (EKPOD), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Penetapan Kinerja (PK), Evaluasi  Kinerja (EK), Standard Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Analisis Beban Kerja (ABK) dan Analisis Jabatan (Anjab), Penilaian Prestasi Kinerja Pegawai (PPKP), Laporan Pelaksanaan disiplin SKPD, RENSTRA dan RENJA. Dan pada akhir tahun, semua  program kegiatan yang ada pada OPD terlaksana tepat anggaran, tepat waktu dan tepat sasaran yang hasilnya dilaporkan kepada bupati Rote Ndao sebagai pemegang kekuasaan pengelolah keuangan daerah.

Sementara itu, bupati Rote Ndao, Drs.Leonard Haning.MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pejabat structural pada hari ini merupakan kelanjutan dari pemetaan dan pengukuhan pejabat sebagai tindak lanjut dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, dan juga dimaksudkan untuk menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, dan pelayanan public agar tetap berjalan, terutama terkait dengan tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah yang belum memiliki pejabat Pimpinan Tinggi Pratama secara devinitif.

Pelantikan hari ini juga merupakan wujud nyata dari Grand Design  reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah dalam rangka mewujudkan SDM aparatur yang professional sesuai amanat UU RI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dimana professionalitas aparatur sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki, yakni karakteristik dan kemampuan  kerja aparatur yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap perilaku.

Adapun filosofi dari pemetaan aparatur adalah bagaimana memunculkan keunggulan yang dimilki oleh para pegawai Aparatur Sipil Negara serta mendorong munculnya ide-ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh PNS apabila menduduki jabatan  tersebut. Oleh karena itu, lanjutnya, kepada seluruh pejabat agar tidak terlalu berbangga, karena tugas dan tantangan yang dihadapi kedepan semakin berat dan kompleks maka saudara/i dituntut  untuk memiliki prestasi  dan kinerja yang baik, karena jabatan bukan gaya-gayaan ataupun kebanggaan karena masyarakat yang dilayani pasti akan memberikan penilaian, kritikan dan masukan, baik itu melalui media social, media cetak dan elektronik, telepon maupun secara langsung.

‘ mari kita satukan pola pikir dan pola sikap dengan senantiasa memupuk rasa kebersamaan dan bekerja dengan penuh rasa cinta kepada masyarakat Rote Ndaosehingga semua dapat berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan bumi Ita Esa yang kita cintai ini’ kata Haning.

Dalam posisi dipercaya menduduki sebuah jabatan, saudara/i diharapan dapat mengakselerasi proses aktifitas roda organisasi agar bisa berpartsisipasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Dalam knteks ini, kita dituntut untuk mempunyai rasa memiliki dan tanggungjawab akan keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas.

Harapan saya agar  pejabat yang dilantik senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyaalitas, dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab dan dalam melaksanakan tugas agar selalu melakukan identifikasi masalah dan mengembangkan alternative pemecahannya serta menentukan alternative terbaik berdasarkan asumsi-asumsi yang logis.

‘selalu meningkatkan kinerja pribadi, unit kerja maupun keseluruhan organisasi termasuk didalamnya menjalankan tugas-tugas atau mendorong suatu cara kerja baru yang inovatif dan menciptakan serta mendorong terjadinya interaksi, keselarasan dan kerjasama yang kondusif, selalu menunjukan perilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika secara konsisten serta bersih dari KKN dan menjaga netralitas PNS dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik’ kata Haning.

Berikut nama-nama pejabat yang diambil sumpah pada  acara pelantikan tersebut, Jeremia A.J Messakh,SE,  Leksy Nikodemus Foeh,ST, Swengly B.I Pello,SH, Erna Puranamasari Aked,BA,  Paulus Balukh, SE, Wempi H. Nassa,ST, Imanuel Paulus Oktovianus,SH, Jusuf A.Manu,ST, Marten Muskanan,S.Sos,  Ronald J.N Messakh,SE, Albeniaftes J.P Siokain.S.STP.M.Si,  Yeskiel Mesakh, SE, Desi Indramaya A.N Haning,ST, M.Eng, Charles Bungsu Ledoh,ST.M.Eng,  Janwes N.H Nauk,S.STP, Jenny S.Lesiangi , SE,  Herianus Lengga,SE, Anita Silvester Adoe, SH, Melki Foeh,S.Pi, Esa Talenalain Pello, SE, Djoel S.I Manubulu,S.PiElisama Nggonggoek,S.Si, Marthen Lelo,ST, Yakoba Marlein Lenggu,SE, Tomy Y.S Dano, Yulianus Ngulu,SH, Nixzon J.Ndolu, SH, Jopianus S.Daud, Jeskiel Paulus,SE, Risart Ebeinheizer D.Therik,SH dan Isak Welhelmus Selly,SE. ( Advetorial Bagian Umum, Humas&Protokol)

share on: