Koperasi Pintu Air  Menganut Sistem Kredit Tanpa Agunan/Jaminan

Rote Ndao, BERITA NTT.com –  Jika Koperasi –koperasi lain sedang  gencar memberikan kredit kepada Anggota dengan menggunakan Agunan/Jaminan, Hal berbeda justru ditunjukkan oleh Koperasi Kredit Pintu Air yang berpusat di kabupaten Sika tersebut, Pihak Koperasi Pintu Air bahkan tidak tanggung-tanggung memberikan Pinjaman kepada anggotanya tanpa menggunakan Agunanan dengan nilai pinjaman hingga 150 Juta Rupiah.

Hal itu disampaikan Ketua Koperasi Pintu Air  Pusat Yakobus Jano saat dikonfirmasi media ini diselah-selah sosialisasi Koperasi Pintu Air kepada Ratusan Anggota yang hadir di Halaman kantor Pintu Air Cabang Pembantu Rote Ndao di bilangan Nusaklain – Ba’a Tepatnya disamping Kantor BPJS Kabupaten Rote Ndao Sabtu (10/9) siang.

Pada Kesempatan itu Yakobus  yang didampingi oleh general Manager Gabriel Sorowutun, dan Anngota Badan Pengawas Klemens Naat mengatakan, pemberian pinjaman tanpa menggunakan Agunan/jaminan memang terdengar cukup mencengangkan namun pihak Koperasi maerasa sangat yakin jika setiap manusia tentunya memiliki Harga diri masing-masing dan mereka pasti menjaga itu, untuk itu Agunan Harga dirilah yang dianut oleh Koperasi Pintu Air dalam memberikan Pinjaman kepada para anggotanya.

“jadi kita sebenarnya memberikan agunan bagi setiap anggota yang ingin pinjam namun agunannya tidak dalam bentuk barang melainkan harga diri si peminjam itu sendiri, Ungkap Yakobus.

Meski demikian Yakobus  Mengaku dengan memberikan Kredit tanpa Agunan bukan berarti pengembaliannya lancar-lancar saja, tetapi sebagian juga ada yang mengalami Kredit macet, namun pihaknya tetap memberikan kesempatan bagi anggota yang memiliki kredit macet untuk melunasi pinjaman tersebut hingga batas waktu yang ditentukan.

Selain itu Yohanes mengatakan dasar pembentukkan Koperasi tersebut adalah Solidaritas sehingga dalam menjalankan Koperasi tersebut pihaknya tidak mengedepankan uang melainkan solidaritas diantara sesama anggota.

“yang membedakan Koperasi Pintu Air dengan Koperasi lain adalah Koperasi Pintu Air lebih mengedepankan Solidernya, jadi misalnya ada yang sakit Koperasi akan memberikan santunan kesehatan, lalu ada yang meninggal juga akan diberikan santunan kematian sesuai dengan besar Saham yang dimiliki oleh anggota tersebut, itulah yang membedakan Koperasi Pintu Air dengan koperasi lain, koperasi lainkan hanya mengambil uang dan tidak memperhatikan manusianya, tetapi Pintu Air  tidak seperti itu karena anggota sejak muai masuk hingga mati sudah menjadi tanggung jawab lembaga, Tambah Yohanes

Hingga saat ini Koperasi Pintu Air telah memiliki aset sebesar 583 Miliyard rupiah dengan jumlah anggota sebanyak 141.255 orang yang  tersebar di seluruh NTT minur Kabupaten Sabu Raijua yang rencananya akan didirikan pada Tahun ini, termasuk di Makasar, Kalimantan, Bali, Surabaya, Jakarta, serta Timor Leste dan Jerman,

Sementara itu Pjs. Manager Kantor Cabang pembantu Kopdit  Pintu Air Fabianus K. Dejawa kepada media ini menjelaskan bahwa  Aset Koperasi Pintu Air Cabang Pembantu Rote Ndao hingga saat ini mencapai Rp. 1. 463. 000. 000 (satu Miliyar Empat Ratus Enam Puluh Tiga Juta Rupiah) dengan jumlah anggota sampai dengan Agustus 2016 sebanyak 1.064 orang, yang tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Rote Ndao, sedangkan Pinjaman Bergulir yang saat ini sudah diberikan kepada para anggota mencapai Rp. 1. 840.000.000 (satu miliyard delapan ratus empat puluh juta rupiah)

Untuk mempermudah pelayanan kepada para anggota Kantor Cabang Pembantu Koperasi Pintu Air kabupaten Rote Ndai dilayani oleh 9 orang tenaga kerja.

Rencananya Pihak Koperasi Pintu Air akan membuka cabang Pembantu di Masing –masing Kecamatan sekabupaten Rote Ndao sambil mengidentifikasi kelompok-kelompok masyarakat yang membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk dibina oleh Koperasi Pintu Air (Hen)

share on: