Dinas Koperasi dan UMKM Latih 30 Wirausahawan

Rote Ndao, BERITA NTT.com – Peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ekonomi mendapatkan perhatian utama pemerintah daerah, untuk meningkatkan kualitas para wirausaha, pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Koperasi dan UMKM melakukan pendidikan dan latihan dasar Koperasi sebanyak 30 Pengrajin yang dibina Dekranasda Kabupaten Rote Ndao  bekerjasama dengan DINAS koperasi dan UMKM Kabupaten Rote Ndao selama sehari yang berlangsung di auditorium Ti’I Langga, Rabu (20/4).

Bupati Rote Ndao yang diwakili Asisten II bidang Perekonoian dan Pembangunan Kabupaten Rote Ndao, Melyanus Mandala mengatakan pemerintah mendukung para wirausahawan dan pengrajin baik secara peroarangan dan kelompok.

Lanjutnya, pemerintah setiap tahun menerima proposal dari masyarakat baik perorangan dan kelompok, tetapi setelah itu tidak ada perubahan yang signifikan, “oleh karena itu saya berharap kepada Dinas agar buat suatu draft agar peserta yang mengikuti Pelatihan dasar seperti ini yang bisa mendapat bantuan karena mereka sudah ada pemahaman, untuk mengetahui mereka ikut pelatihan harus ada sertifikat usai pelatihan” katanya.

Lanjut Mandala,  harus dibangun kiat dan usaha untuk membentengi ekonomi daerah, sehingga secara berkelanjutan kita mampu mengantisipasi munculnya dapat dampak negatif Globalisasi tersebut terhadap struktur ekonomi masyarakat yang tengah kita bangun. Jadi diharapkan para peserta yang difasilitasi dekranasda ini,  hendaknnya buat koperasi agar dana dikelolah para pengrajin dan wirausaha bisa berhasil.

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Edi CH Manafe,S.Pd dalam laporannya mengatakan, diklat tersebut bertujuan untuk menciptakan SDM yang handal dan menumbuhkan semangat, sikap, perilaku, etos kerja, kemandirian dan meningkatkan kemampuan kawasan serta keterampilan bagi UKM. Sasaran Diklat adalah para pelaku atau penggerak wirausaha  yang bergerak di sektor real.

Para peserta menerima dua  materi belajar yang mencakup kebijakan pengembangan koperasi dan UKM, regulasi tentang Perkoperasian, manajemen perusahaan dan kewirausahaan. Selain itu para peserta juga akan dibekali. Untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai,panitia mendatangkan instruktur dari manager Koperasi Sehati Ba’a Martinus Bau Ikun,A.Md, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Rote Ndao sertadari  Koperasi dan UKM Rote Ndao, tambah Manafe.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Rote Ndao, Eduard Ndolu dalam arahannya kepada peserta mengatakan untuk mendorong tumbuh  kembangnya produk unggulan daerah maka para wirausahawan perlu kreatif dan inovatif. “artinya sumber daya atau tenaga harus digerakkan supaya UKM terus berkembang” cetusnya.

Ia menambahkan, SDM sebagai pengelola produk berperan penting di dalamnya, karena usaha ekonomi tidak akan maju bila tidak ada prakarsa dari dalam diri wirasusaha. Oleh karena itu peserta harus belajar dari pengalaman untuk terus melakukan perbaikan terhadap kualitas produk.

Pelatihan ini penting agar ke depan produk daerah dapat dikenal dan diterima oleh konsumen baik di pusat maupun di mancanegara. “peserta diharapkan tidak hanya menerima materi tetapi perlu mencermati apa yang disampaikan karena hal ini merupakan bekal di dalam melakukan kegiatan usaha ekonomi di masing-masing kecamatan,” jelas Ndolu (Hen)

share on: