Dinas Parekraf NTT Gelar Workshop Penerapan Sadar Wisata dan Sapta Pesona

Rote Ndao, BERITA NTT.com –  Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Wrkshop Penerapan Sadar  Wisata dan Sapta Pesona bagi para pelaku Pariwisata dan para pemangku kebijakan di Kabupaten Rote Ndao.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Videsy di Bilangan Nusaklain Ba’a dan diikuti oleh puluhan Pelaku Usaha serta para camat dan kepala Dinas badan Kantor Lingup Pemerintahan Kabupaten Rote Ndao.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata pada Dinas pariwisata dan Ekonomi Kreatif Prov. NTT Agustinus Harum dalam sambutannya mengatakan kegiatan Wrkshop Penerapan Sadar  Wisata dan Sapta Pesona memiliki Nilai yang sangat strategis karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penerapan Nilai Sapta Pesona Pariwisata oleh Masyarakat, Pengusaha dan Pemerintah dalam rangka mendorong pertumbuhan kepariwisataan di Destinasi – destinasi wisata.

Menurut Agustinus, Nilai-nilai Sapta Pesona seperti Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan nyaman, harus dilampanyekan dengan cara yang menyenangkan agarmasyarakat dapat menerima dan melaksanakan dengan baik.

Dengan diterapkannya Sapta Pesona, Masyarakat, Pengusaha, dan Pemerintah setempat akan mendapatkan banyak manfaat, dimana para wisatawan akan merasa nyaman dan menyenangkan untuk berlama-lama di Rote Ndao, dengan kehadiran para wisatawan tentunya akan mendorong perekonomian masyarakat di Rote Ndao.

Pada Kesempatan itu juga Agustinus mengingatkan bahwa Upaya untuk menciptakan Lingkungan Pariwisata yang berdaya saing di era globalisasi saat ini bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dalam hal ini Dinas Budpar Rote Ndao, tetapi dibutuhkan kerjasama yang menyeluruh dari semua Stakeholder Pariwisata di Kabupaten Rote Ndao guna mendukung pemerintah untuk menciptakan lingkungan Pariwisa yang baik.

Diakir sambutannya Agustinus Harum mengatakan bahwa Nilai Sapta Pesona hanya bisa diimplementasikan oleh sumberdaya manusia yang dibekali pengetahuan dan kesadaran wisata untuk menciptakan lingkungan yang indah dan ramah sesuai standar global.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Melky Rumlaklak dalam sambutannya meminta dukungan semua pihak untuk membantu mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Rote Ndao.

“saya minta supaya kita yang memiliki Handphone yang sudah memiliki anroid agar bisa mempublikasikan tempat-tempat wisata di Kabupaten Rote Ndao agar dapat semakin dikenal oleh orang, Ungkap melky. (Hen)

share on: