Anggur di Daerah Perbatasan Tembus Pasaran Timor Leste

Belu, BERITA NTT.com – Tanaman anggur merupakan tanaman hasil pertanian yang sangat diminati masyarakat Indonesia bahkan seluruh Dunia, tanaman yang biasanya lebih banyak dikenal di Pulau Jawa, Bali dan Sumatra, ternyata kini ada di pedalaman Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Tetangga timor Leste.

Masyarakat Petani di Desa Silawan Kabupaten Belu yang sejak turun temurun hanya melakukan budidaya tanaman pangan seperti Jagung, Ubi-Ubian dan padi justru mempau menghasilkan buah anggur yang ternyata bisa diekspor Ke Negara Tetangga Timor Leste.

tanaman anggur tersebut dibudidayakan oleh Klompok Tani di Desa Silawan dan sudah ditanam satu tahun lalu dengan mengambil bibit tanaman anggur dari Pulau Bali untuk dibudidayakan di Desa Silawan Kabupaten Belu.

Hasil panen buah Anggur tersebut sangat mencengangkan bagaimana tidak dalam setahun kelompok tani tersebut bisa melakukan panen hasilnya sebanyak dua kali sampai tiga kali tergangtung dari perawatannya

Produksi Anggur tersebut kemudian dijual di Pasaran dengan harga sangat fariatif namun bisa menembus harga Rp. 60. 000,- per Kilo Geram.

Melihat hasil yang ada para Petani yang selama ini telah membudidayakan tanaman Anggur tersebut berencana akan memperluas lahan usaha mereka dan juga akan memperluas proses penjualannya sampai ke Pulau jawa dan Bali bahkan sampai menembus Pasar Internasional

Elisa Madeira salah satu pemilik Kebun Anggur saat ditemui media ini mengatakan dirinya terinsiprasi dari keingiinan untuk mencoba namun berhasil akhirnya dia mencoba untuk memperluas lahan dan membuat usaha kebun anggur di pesisisr pantai

Sementara itu salah satu Pembeli Ferdy Mones mengaku sangat bersukur karena bila ingin menikmati buah anggur ia tidak harus ke kota untuk membelinya,  menurut Ferdy dengan adanya produksi Anggur di Sekitar Desa ini maka warga Desa Siliwan akan lebih mudah lagi mencari pemenuhan kebutuhan Buah-Buahan

Ferdy berharap agar Usaha Anggur tersebut bisa diperluas lagi dan juga masyarakat yang ada juga bisaa mulai membudidayakan tanaman Anggur agar bisaa menambah pendapatan Keluarga dan juga pemenuhan Kebutuhan Gizi keluaraga masing-masing.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belu Remigius Asa mengatakan, pemerintah Kabupaten Belu memberikan Apresiasi dan mendorong para petani di Desa Siliwan untuk selalu membudiyakan tanaman anggur ini agar mampu menoppang kebutuhan ekonomi mereka (Ck)

share on: